Selasa, 19 Maret 2019

Klasifikasi Jaringan Komputer (PAN, LAN, MAN, WAN)

Jaringan Komputer adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung dan digunakan untuk berbagi data. Ada banyak jenis jaringan komputer, salah satu nya adalah jaringan yang terbagi berdasarkan jangkauan geografisnya yaitu PAN, LAN, MAN dan WAN.

  • PAN (Personal Area Network)  

PAN (Personal Area Network) adalah suatu jaringan yang terhubung dalam jarak yang sangat dekat. PAN membolehkan pengguna untuk membangun suatu jaringan bagi peranti sederhana, seperti PDA, telepon seluler atau laptop. Ini bisa digunakan dalam ruang operasi personal (personal operating space atau POS). Sebuah POS adalah suatu ruang yang ada disekitar orang, dan bisa mencapai jarak sekitar 10 meter.

  • LAN ( Local Area Network)
LAN ( Local Area Network) adalah jaringan yang dibangun pada sebuah lokasi rumah ataupun gedung perkantoran. Bisa diartikan juga sebagai sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi High-speed antara 2 hingga 100Mbps.
  • MAN (Metropolitan Area Network)
MAN (Metropolitan Area Network) merupakan versi LAN yang lebih besar ukurannya dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota, dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta atau umum). MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
  • WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network (WAN) jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian dan Fungsi ARP, RARP, ICMP, HTTP, FTP, SMTP, POP3, IMAP4

1. ARP (Address Resolution Protocol) Pengertian ARP (Address Resolution Protocol)  adalah protocol yang bertugas untuk mencari tahu alam...